11/05/2019

#Hari6 Promo Belanja Online, Pilih Diskon, Gratis Ongkir atau Cashback?


Ramadan, bulan penuh berkah. Hadiah terbaik bagi umat Nabi Muhammad SAW, agar dapat meraih limpahan pahala dan kebaikan yang berlipat. Kita harus manfaatkan ini dengan baik ya, karena kita tak pernah tahu apakah akan bertemu ramadan selanjutnya.
Ketika Ramadan, tidak hanya umat muslim yang merasakan kebahagiaan, tapi seluruh kalangan masyarakat juga ikut menikmatinya. Untuk menyambut Hari Raya, banyak orang belanja kebutuhan lebih banyak dari biasanya. Beli baju baru, jajanan lebaran, tiket mudik, dll. Budaya ini sudah melekat sejak lama dan ini menjadi peluang para pedagang untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak dari biasanya. Tapi, sebagai konsumen, kita harus jeli dan menahan diri ketika belanja, minimal jangan kalap pas ngabuburit ya.
Belanja online saat ini sudah menjadi hal yang lumrah, kita dipermudah dengan adanya e-commerce atau market place dan jasa kurir. Belanja saat ini pun lebih praktis dengan memakai uang elektronik, tanpa harus bawa uang secara fisik, kita sudah bisa membeli apa yang kita butuhkan. Nah, dengan semakin berkembangnya start up e-commerce seperti Tokopedia, Buka Lapak, Shopee, dll, mereka saling berlomba untuk memberikan promosi besar-besaran kepada konsumen agar dapat menarik minat mereka untuk berbelanja.
Ada tiga jenis promosi yang paling sering diberikan oleh para e-commerce kepada para konsumennya, diantaranya:

1) Diskon (Flash Sale)
Promosi dengan diskon sudah dikenal sejak lama dalam dunia perbelanjaan. Pemotongan harga dengan persentase tertentu ini sangat ampuh dalam menarik banyak pembeli. Sistem diskon saat ini dimodifikasi dengan tambahan waktu, yang dikenal dengan istilah Flash Sale. Biasanya Flash Sale ditawarkan dalam waktu yang terbatas, misalnya dari jam 09.00-12.00. Di luar waktu tersebut, harga tetap tanpa ada diskon. Sesuai pengetahuan saya, Shopee adalah yang pertama mengenalkan model Flash Sale ini dan terbukti banyak orang terpacu untuk berbelanja lebih banyak dengan harga lebih murah dari biasanya. Namun kita harus tetap hati-hati, karena kadang barang tidak sesuai seperti di foto dan belum ada jaminan keaslian dari pihak toko. Jadi, jangan hanya tergiur dengan harga murah ya, kita juga harus melihat ulasan dan performa tokonya.

2) Gratis Ongkos Kirim
Belanja online banyak diminati karena kita bisa belanja kebutuhan apa saja dari daerah mana saja dengan cara yang mudah. Kita perlu jasa kurir untuk mengantarkan barang itu sampai di tangan kita. Saat ini ada banyak sekali pilihan jasa pengiriman dengan berbagai harga dan estimasi kedatangan barang. Jasa kurir ini juga tersedia dalam kota, biasanya dengan bantuan ojek online. Nah, salah satu promo menggiurkan ketika belanja adalah gratis ongkos kirim (ongkir). Lagi-lagi Shopee menjadi marketplace pertama dan sampai saat ini masih memberikan gratis ongkir pada minimal pembelian tertentu dan ini terbukti dapat menaikkan daya beli masyarakat.

3) Cashback
Cashback adalah penawaran di mana pembeli diberikan persentase pengembalian uang tunai atau uang virtual atau bahkan diberikan suatu produk tetapi dengan memenuhi syarat pembelian tertentu yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara cashback (cashbac.com). Pengembalian uang ini biasanya tidak langsung diberikan pada saat transaksi, tetapi ada jangka periode tertentu. Misalnya, kita beli pulsa 100.000 di Buka Lapak, setelah transaksi berhasil, kita akan mendapatkan cashback berupa uang virtual atau saldo di Buka Lapak. Jadi, uang ini hanya bisa dipakai di platform ini. Selain itu, cashback juga biasanya ditawarkan dalam jual beli barang elektronik seperti HP, kita mendapat cashback setelah transaksi selesai berupa barang seharga nominal uang yang ditawarkan, bisa berupa aksesoris HP atau yang lainnya.
Nah, kalau disuruh memilih, kalian lebih suka yang mana nih? Apa marketplace favorit kalian? Kalau aku sih lebih suka gratis ongkir dan marketplace favoritku Shopee (karena selalu ada gratis ongkir) dan Buka Lapak (karena tampilannya yang ringan dan gampang transaksinya)

1 comment:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete