10/05/2019

#Hari5 Resep Nasi Goreng Simple Tanpa Ribet


Nasi goreng merupakan kuliner khas Indonesia yang hampir semua orang bisa dan suka masakan ini tanpa memandang kelas sosial. Cocok banget buat sarapan karena simple dan nggak butuh waktu banyak. Tapi kalau buat sahur sebisa mungkin hindari ya, karena bikin cepat haus nantinya.

Sejarah Nasi Goreng
Menurut sejarah, nasi goreng berasal dari orang Tionghoa. Makanan ini sudah ada sejak lama dan berawal dari sifat kebudayaan orang Tionghoa yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan tidak suka membuang makanan. Alhasil, jadilah nasi sisa tersebut digoreng dan disajikan untuk dimakan.
Meskipun berasal dari orang Tionghoa tapi kuliner ini lebih dikenal dari Indonesia, bahkan sampai masuk dalam daftar makanan terenak di dunia setelah rendang.

Berbagai Macam Variasi Nasi Goreng
Ada banyak sekali varian nasi goreng di Indonesia. Mulai dari nasi goreng rumahan, nasi goreng merah (yang dijual di pinggir jalan),  nasi goreng kambing, nasi goreng sosis, dll.
Semua nasi goreng ini paling cocok dimakan dengan telur dan kerupuk, bisa juga ditambah acar dan sayur lainnya. Selain itu, nasi yang bagus untuk nasi goreng biasanya harus pera (kering), bisa juga disimpan semalaman di kulkas baru paginya digoreng. Hasilnya akan lebih enak. Tips lain untuk membuat nasi goreng enak katanya sih memakai baceman bawang. Tapi yang ini belum pernah aku coba sih. Bisa lain kali dicoba ya.

Resep Nasi Goreng Simple Ala Dapur Ekky
Hampir tiap minggu selalu ada hari buat masak nasi goreng. Entah itu dari nasi sisa semalam yang belum habis atau biasanya dapat "berkat" atau hadiah makanan dari tetangga. Nasi yang ini nih yang biasanya enak buat digoreng karena mereka biasanya memasak nasi tidak dengan magic com. Tapi dengan cara manual/tradisional.
Resep Nasi Goreng ala Dapur Ekky:
Nasi untuk 2 orang
3 bawang merah
3 bawang putih
3 cabe rawit
Udang rebon
Garam
Kecap
Bisa ditambah sosis, bakso, sayur, dll
Cara memasak:
1) Iris duo bawang + cabe lalu tumis dengan sedikit minyak sampai harum
2) Masukkan nasi, udang, garam, kecap secukupnya, aduk rata, tes rasa
3) Sajikan dengan telur ceplok dan kerupuk

2 comments:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete