04/05/2019

#Hari1 Nikmatnya Berbuka Puasa

Alhamdulillahirabbil 'aalamiin :)
Marhaban yaa Ramadhan... Bersyukur bersyukur dan bersyukur masih diberi kesempatan oleh Allah untuk bertemu kembali dengan Bulan yang Mulia ini. Karena ramadhan tahun lalu, hmm.. Awal mula pengalaman pahit dalam hidup. Tapiii, aku tidak boleh menyerah dan putus asa, karena masih ada suami dan keluarga yang sangat peduli dan tentunya saling berbagi kasih sayang. Bismillah, Ramadhan tahun 2019 ini akan lebih indah, bermakna, dan penuh berkah. Insyaallah..

Berbicara tentang puasa, semua umat muslim tentu sudah tak asing lagi karena setiap tahun selalu dijalankan. Bulan puasa identik dengan iklan sirup, kue lebaran, dan sarung. Promo diskon pun bertebaran di berbagai pasar, baik offline maupun online. Jangan sampai bikin ibadah kita lalai ya, guys! Ingat, bulan ramadhan penuh dengan pahala yang berlipat, pintu neraka ditutup rapat, setan juga sudah diikat. Tinggal nafsu kita saja yang harus dikendalikan. Kalau bisa sih, jangan membuang waktu untuk hal nggak penting seperti nonton sinetron, main game, stalking, apalagi baca berita gosip plus komentar nyinyir. Sia-sia banget dong nanti puasanya. So, niatkan dari awal buat menghindari kegiatan yang nggak berfaedah apalagi yang bikin dosa. Astagfirullah...

Oya, tentang buka puasa. Kegiatan paling menyenangkan dan ditunggu-tunggu semua umat muslim yang berpuasa. Kegiatan makan dan minum setelah adzan magrib ini pahalanya sangat berlimpah, dihitung ibadah, apalagi ketika kita memberi makan orang yang berbuka puasa, maka pahalanya kita juga dapat. Kalau kita rangkum nih, ada tiga hal penting yang harus kita lakukan ketika berbuka puasa:
1) Menyegerakan Ketika Berbuka Puasa
Buka puasa nggak harus nunggu adzan magrib selesai ya, langsung aja baca basmalah, doa, kemudian minum air putih dan takjil dulu. Ini sunnah. Baru sholat magrib, trus makan berat, tapi jangan terlalu kenyang biar tarawihnya nggak malas dan nggak ngantuk.

2) Doa Ketika Berbuka Puasa
Doa berbuka sudah pasti hafal semua ya. Kalau belum hafal, bisa ditempelin di meja makan dan dibaca berulang-ulang. Nah, selain itu manfaatkan waktu mustajab ini untuk berdoa yang lain, apa saja. Jangan cuma ingat buat makan minum yaa.

3) Berbukalah dengan Kurma atau Seteguk Air
Setelah seharian beraktivitas dengan puasa paling baik memang diawali dengan makan kurma atau makanan manis lainnya. Agar energi kita langsung balik lagi dengan cepat. Tapi tetep, jangan berlebihan yaa. Air putih tentu ini wajib dong. Pengganti cairan tubuh ketika puasa.

1 comment:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete