09/05/2019

#Hari4 Resep Sayur Simple Andalanku


Berbuka puasa paling enak sama yang seger-seger yaa. Sayur bening salah satunya dan ini yang paling simple, murah, dan sehat. Sayur yang dimasak bening bisa apa aja tergantung selera, bisa bayam, jagung,  labu siam, oyong, dan kelor. Kalau favoritku sih bayam yaa. Cocok banget buat anemia yang butuh hemoglobin. Kalau oyong aku nggak begitu suka. Aneh aja gitu rasanya. Labu siam masih suka, tapi lebih suka kalau dibuat lodeh.
Nah, kalau kelor nih, yang katanya sangat banyak khasiatnya, orang pandaan sudah lama dan biasa masak kelor dibuat sayur bening. Tapi, jujur aja nih, sampai sekarang aku selalu gagal bikinnya. Pernah bikin jadi pahit, trus pernah lagi masih keras daunnya. Hmm.. Jadi kata ibu mertua nih, kalau masak kelor harus cepat, nggak boleh lama-lama, setelah mendidih masukkan sayur balik, matikan kompor deh. Trus masaknya jangan kebanyakan komposisi daun kelornya juga biar nggak pahit. Belum lagi milihin daunnya, sebisa mungkin batangnya jangan ikut dimasak, soalnya keras gitu.
Masak sayur bening biasanya pasti ada bahan kunci. Bukan kunci motor atau rumah ya, wkwk. Tapi kunci ini nama salah satu rempah, biasanya orang nyebutnya temu kunci. Selain buat sayur bening, rempah ini juga buat bumbu bakwan atau dadar jagung. Tapiii, aku nggak suka sama baunyaa. Jadi kalau aku masak nggak aku kasih rempah ini. Tapi kalau dimasakin atau beli yaa mau nggak mau dimakan juga deh.
Kalau resep sayur bening aku bahannya super gampang cuma:
1 ikat bayam
2 bawang merah (diiris)
Garam
Gula
Kaldu jamur
Bisa juga ditambah tomat segar biar warnanya cantik, nggak melulu ijo, wkwk
Cara masak:
1)Sayur dipilih daunnya yang bagus, trus dicuci bersih
2) Rebus air sambil masukkan irisan bawang merah
3) Setelah mendidih, masukkan sayur dan tomat iris, tambahkan gula, kaldu jamur. Aduk, tunggu sebentar sampai sayurnya matang
4) Matikan kompor, baru masukkan garam, aduk kembali, tes rasa
5) Siap disajikan
Resep ini bisa dilihat juga di akun cookpad aku: Dapur Ekky.
Selamat mencoba!

1 comment: