21/11/2018

7 Bakso Malang Terenak Versi Arek Malang

Salah satu kuliner khas malang yang sudah terkenal di penjuru negeri adalah bakso. Yup,  makanan berbentuk bulat ini sangat banyak digemari masyarakat dari anak kecil hingga dewasa. Bakso malang biasanya disajikan dengan berbagai macam isian, ada tahu, mie, krupuk pangsit (orang malang menyebutnya "goreng"), kadang ada tambahan sayur/toping lainnya. Nah, sebagai arek malang asli, aku coba bikin daftar 7 bakso yang sudah lolos uji lidah ku, dan pastinya recommended banget buat kalian pecinta bakso. 

1. Bakso Solo Kidul Pasar

(travelingyuk.com)

Meskipun namanya bakso solo tapi ini asli malang. Tempatnya ada di jl. Halmahera No. 12A, di daerah Jagalan, deket pasar buah. Ada juga di jl. A. Yani No. 57, Purwodadi, Blimbing arah ke fly over Arjosari.
Bakso ini menurutku layak buat dapet ranking tertinggi, karena kuahnya berasa banget gurihnya + pentolnya daging sapi asli nggak banyak tepung jadi mantul banget deh pokoknya. Harga seporsi bakso sekitar 18 ribuan, itu udah dapet 2 pentol halus, 1 pentol kasar, 1 pentol goreng, 1 goreng, tahu bakso, dan mie putih. Seperti warung bakso lainnya, kalau mau pesan random juga bisa.

2. Bakso Solo Sawojajar
(foody.com)

Bakso ini udah cukup lama, sejak aku SD sudah jualan di depan ruko danau toba sawojajar, tepatnya di jl. Danau maninjau Blok G1E No 29. Harganya termasuk murah untuk ukuran bakso solo, sekitar 12 ribuan aja, isinya hampir sama seperti bakso solo lainnya, yang beda mungkin mie putih sama goreng nya. Trus disini juga ada bakso bakar harganya 12 ribu dapet 6 pentol. Bisa request pedes atau manis. Bakso kuah maupun bakso bakar sama-sama enaaak dan tentunya ramah di kantong, hehe

3. Bakso Sayur 

Naah, kalau mau coba bakso yang seger dan lain dari pada yang lain disini nih tempatnya. Bakso ini unik karena bisa ambil sayur, kecambah, mie putih, mie kuning, sepuasnyaaa alias gratiiss. Jadi kita cuma bayar pentol sama tahunya aja. Pentolnya ada yg halus kecil, besar isi daging, besar isi telur, kalau tahunya sih tahu coklat biasa atau nama lainnya tahu gembos. Kuahnya bening, ditambah perasan jeruk nipis jadi tambah seger. Trus garem nya ambil sendiri sesuai selera. Bakso ini banyak dijual di deretan jl. Jakarta, tapi yang paling enak menurutku di Jl. Garut, nempati rumah kosong gitu. Dulunya jual di deket BA Restu tapi mungkin karena rame, parkir susah jadi dipindah deh. Sekarang sudah ada meja kursinya, sama ada yang jual es degan juga. Harga seporsi bakso, sesuai isinya sih ya, pentolnya Rp 3000, yang kecil Rp 2000, tahu Rp 500. Di sana disediakan tisue juga. Trus yang paling enak kecapnya sih. Beda aja nggak kayak bakso lain. Pokoknya wajib coba deh kalau lagi di Malang.

4. Bakso Damas
(foody.com)

Kalau mau cari bakso yang isiannya paling beragam, ya disini tempatnya. Bakso Damas berlokasi di jl. Soekarno-Hatta No. 74, Lowokwaru, Malang. Tempatnya lumayan nyaman, tapi soal harga memang sedikit mahal sih. Untuk isiannya ada: macem-macem goreng, jeroan sapi, telur puyuh, siomay, mie, lontong, dll. Sistemnya prasmanan alias ambil sendiri ya, trus nanti langsung diserahin mbaknya buat diambilin kuah, langsung bayar ke kasir juga. Untuk minumnya pesan di stan samping kasir ya. 

5. Bakso Prima


Dikenal sebagai bakso jerohan, karena selain bakso daging ada banyak pilihan jerohan seperti babat, usus, paru, cingur, usus ayam crispy. Gorengan pangsit, siomay, tahu, dan lontong juga ada. Paling suka di sini karena ada tambahan sayurnya berupa kubis/kol. Rasa kuahnya khas sedikit asam pas banget dipadukan sama isian baksonya. Harganya terjangkau, semangkok bakso komplit hanya 20.000. Lokasinya di Jl. Kalpataru No. 2, Lowokwaru, Malang. Buka dari jam 10 pagi sampai 9 malam. Ada lokasi lain di Jl. Soekarno Hatta No. 37 dekat Politeknik Malang. 

6. Bakso Duro Kepanjen


(makanlagi.com)

Sekarang kita pindah ke daerah kabupaten Malang, ada warung bakso yang cukup terkenal, namanya Bakso Duro, alamatnya di Jl. Panglima Sudirman RT 03 RW 04, Kepanjen. Tampilannya hampir sama seperti seperti bakso solo, namun disini juga menyediakan bakso ukuran jumbo. Harganya ramah di kantong, sekitar Rp 11.000 per porsi. Selain itu, metode masaknya juga masih tradisional, menggunakan arang sebagai bahan bakar. Tak heran jika cita rasa yang disajikan memang beda dari yang lain.

7. Bakso Sumsum Cak Hadi


(windacarmelita.com)

Ini nih bakso malang yang paling unik diantara yang lain. Namanya bakso sumsum Cak Hadi, bakso ini berisi sumsum yang kalau digigit pentolnya langsung berasa meledak di mulut, lumer nan gurih banget gaes. Bakso yang berlokasi nggak jauh dari bakso cak kar ini buka jam 16.30. Alamat lengkapnya di Jl. Kertanegara No. 117, masuk gang lagi sekitar 10 meteran, kalau dari arah jalan raya berada di sebelah kiri jalan. Kalau kesini harus siap-siap antri ya, dan nggak jarang kalau sudah rame banget bakal kehabisan lho. Beli bakso disini selain kudu sabar ngantri, juga banyak aturannya gaes. Jadi tiap porsi cuma dapet 1 pentol sumsum, sama 5 jenis pentol lainnya, ada isi ati, kuning telur, halus, kasar, puyuh. Harganya 16.000 an. Kalau mau nambah pentol sumsum ya kudu pesen 1 porsi lagi. Biar makin terasa sensasi baksonya, untuk saos, sambal, kecap harus dipisah gaes, trus kalau makan pentol sumsum harus langsung dilahap semua biar sumsumnya meledak di mulut. Duuh, jadi ngiler nih bayanginnya. 

Naaahh, gimana? Sudah punya agenda makan bakso hari ini? :D

1 comment: