19/08/2015

Student Visiting Program in Malaysia #Day11

Universiti Utara Malaysia
Date: Tuesday, 30 September 2014

Kegiatan hari ini adalah Seminar Mahasiswa Malaysia Indonesia2014 dengan tema: "Peranan Pemuda Dalam ASEAN Community 2015". Seminar ini berlangsung di Gedung Konvensyen UUM pukul 9 pagi. Sebelum acara dimulai, para peserta disuguhi sarapan pagi berupa nasi lemak. Seminar dihadiri oleh seluruh peserta Student Visiting Program dan beberapa mahasiswa UUM.

Picture 01: Delegasi UIN Malang, Amiril, memimpin doa pembukaan acara seminar


Acara dibuka oleh seorang panitia dari pihak UUM dan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh salah satu delegasi dari UIN Malang, Muhammad Amiril A'la. Kemudian, kami bersama-sama melantunkan lagu kebangsaan masing-masing (Malaysia dan Indonesia) dan lagu resmi UUM.

Picture 02: Penyampaian Materi oleh salah satu dosen UUM

Agenda pertama adalah penyampaian materi oleh salah satu dosen dari UUM dengan tema "Peranan Generasi Muda untuk Pembangunan Negara dan Nasional" Beliau menjelaskan tentang bagaimana peran dan sikap para pemuda dalam membangun Negara. Diantaranya dengan memiliki tubuh yang sehat, menerapkan kesopanan dan tata krama, dan lain sebagainya. Selain itu, beliau juga memotivasi para pemuda untuk ikut andil dalam pembangunan negara. Ditambahi pula dengan beberapa teori seperti 4 pillars of learning (to know, to do, to be, to live together) dan rule of three (observe, remember, and compare).

Pemateri kedua adalah Ilmi Arif Ismail, seorang mahasiswa UUM, yang memaparkan materi tentang "Peranan Generasi Muda dalam Komuniti ASEAN 2015". Ia menjelaskan tentang ASEAN Community dan peran apa saja yang dapat diterapkan oleh para pemuda.

Picture 03: Role Play Discussion Malaysia-Indonesia  

Agenda selanjutnya adalah Role Play Discussion, yakni semacam permainan berupa tanya jawab tentang kasus-kasus yang melibatkan Indonesia-Malaysia. Mahasiswa Malaysia berperan sebagai orang Indonesia. Sebaliknya, mahasiswa Indonesia berperan sebagai orang Malaysia. Delegasi UIN Malang yang mewakili adalah Siti Khoirun Nisa'. Ia dan semua peserta sukses menjalankan Role Play dengan baik dan kami semua terhibur karena kedua grup bertukar logat bahasa.

Picture 04: Salah satu delegasi UIN Malang, Lata Mau Sandi sedang mempresentasikan essay

Acara Seminar Nasional berakhir siang hari. Para peserta dipersilakan untuk melakukan ISHOMA. Kemudian, kami semua dibagi menjadi dua grup dan dipisah di dua ruangan yang berbeda tepatnya di COLGIS untuk melaksanakan agenda presentasi essay tentang ASEAN Community. Kegiatan ini hanya diikuti oleh para mahasiswa baik dari Malaysia maupun Indonesia.  Delegasi dari UIN Malang diwakili oleh Lata Mau Sandi dan Walida Lathifatuz Zahro' dengan menggunakan bahasa Inggris. Para penonton dapat mengajukan pertanyaan terkait essay yang disampaikan.

Picture 05: Grup B berfoto bersama seusai agenda presentasi essay

No comments:

Post a Comment