07/01/2015

Resolusi 2015

Assalamu'alaikum readers !

Meskipun tahun baru uda lewat hampir semingguan, tapi nggak ada kata terlambat kan buat nulis resolusi buat tahun 2015 ini? hehe. Yup, uda nggak asing lagi di telinga kita denger kata resolusi, tapi kita tau nggak sih arti sebenarnya apa? Yuk kita intip sejenak definisi dari resolusi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, resolusi merupakan putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat atau pernyataan tertulis yang biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Arti lain dari resolusi adalah kepercayaan diri dan tekad dalam mencapai tujuan, harapan, cita-cita atau bisa juga planning yang akan kita capai setahun ke depan. Perubahan secara cepat yang dapat merubah sendi-sendi pokok kehidupan. Nah, sepertinya arti kedua lebih masuk ya, hehe :D
Ok langsung aja, bismillahirrohmaanirrohiim :)

1. Wisuda

Berhubung aku sadar, aku udah termasuk mahasiswa tingkat akhir, mau nggak mau aku harus wisuda dan bersedia untuk meninggalkan kampus tercintahku, hiks. *apaan sih. Well, kita semua tau lah yaa kalo tiap sekolah atau kuliah pasti nanti akhirnya bakalan diwisuda, dan inilah momen yang paling ditunggu-tunggu dimana usaha kita selama 3-4 tahun ini belajar nantinya akan diberi penghargaan berupa sebuah ijazah dan gelar di belakang nama kita, wuih bangga banget ya. Meskipun kadang-kadang aku juga ngerasa masih banyak banget kekurangan dari ilmu yang selama ini aku pelajari. So, jangan putus doa buat minta keberkahan dari ilmu tersebut, semoga nantinya bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. :)


2. Masak

Nah, ini nih resolusi tiap tahun yang tak kunjung kesampean, bisa masak ! Kita semua tau kan kalo cewek identik dengan dapur, so bagiku rugi banget kalo cewek nggak bisa masak. Apalagi sekarang banyak banget koki handal dari kalangan cowok, kita jangan mau kalah sama mereka yaa, girls. Sebenernya kalo diliat-liat masak itu simple, tinggal beli bahannya, dicuci trus dipotong-potong, dimasukin ke wajan or panci trus campurin deh jadi satu, gitu aja kan? hehe. Eits, tunggu dulu, satu hal yang nggak kalah penting adalah kita harus tau takarannya, kalo ngasal nyampurin aja ya nggak bakal jadi masakan dan nggak mungkin banget buat dimakan. Tips biar bisa masak ya sering-sering aja eksperimen di dapur, jangan menyerah dan putus asa, teruslah mencoba. Meski awalnya gosong, keasinan, kurang matang, tapi nanti lama-lama juga bisa bikin yang enak. Aku yakin itu *motivasi diri, hehe
    
3. Menjahit
\

Sebenernya dari keluargaku nggak ada yang jadi penjahit sih, tapi nggak tau kenapa aku tertarik sama kegiatan ini. Mungkin karena aku punya toko konveksi kali ya, kan nyambung tuh. Ditambah lagi aku suka banget sama bidang fashion, nah akhirnya pengen juga bisa jahit baju sendiri. Kan seru juga bisa numpahin ide kreatif buat baju yang mau kita pake. Siapa tau bisa sukses kayak kak Dian Pelangi hehe. Meskipun sebenernya kalo mau jadi designer nggak harus bisa jahit, yang penting bisa gambar, dan itu juga aku yang nggak bisa, huhu. Yasudahlah coba aja liat tahun ini beneran terlaksana apa nggak, hehe.  

4. Nyetir Mobil

Bagiku, jadi cewek tuh harus mandiri dan serba bisa, tak terkecuali dalam hal berkendara. Alhamdulillah, aku uda bisa naik motor (matic), nah sekarang lagi pengen belajar nyetir kendaraan roda empat alias mobil. Meskipun saat ini masih belom punya mobil, tapi apa salahnya belajar, ya nggak? kali aja nanti pas uda bisa, tiba-tiba Allah ngasih rejeki berupa mobil biar nanti nggak kehujanan dan kepanasan lagi. Trus nanti bisa bantu bapak, adek, kakak atau suami buat gantiin nyetir pas mereka uda capek. Lumayan juga kan bisa meringankan beban mereka. Dan yang paling penting, nanti bisa pergi kemana-mana tanpa ngerepotin orang lain, hahay.
    
5. Bisnis

Yeah, this is my passion ! Sebagai anak yang dilahirkan dari keluarga pedagang sejak jaman kakek nenek buyut (bahkan sebelum itu kayaknya), nggak heran aku begitu menyukai aktivitas yang menghasilkan uang ini. Mulai dari jualan pulsa, keripik, kerajinan tangan (tempat tissue, celengan), sampe baju muslimah, uda aku rasain semua. Yaa, meskipun modalnya 100% dari ortu sih, hihi. Tapi gapapa lah, kan masih belajar, hehe. Dari semua yang uda pernah aku jual, nggak ada yang produksinya mulai dari nol (kecuali kerajinan tangan), soalnya semua barang diambil dari produsen atau distributor trus aku tinggal jual. Pengen sih nantinya bisa buka butik yang semua bajunya hasil karyaku atau mungkin bisa buka warung soalnya masakan (ibu)ku enak-enak hehe. Tapi yang pasti sekarang lagi fokus ngembangin UD Ariza dulu sih, untuk yang lain-lain bisa disambi atau bisa juga jadi planning masa depan buat opsi kalo pengen buka usaha lagi. 
  
Btw, dari beberapa resolusi di atas kok nggak ada dua hal penting yang biasanya dipikirin mahasiswa S1 ya?  Tau nggak? Nah, apa lagi kalo bukan lanjut S2 dan nikah :D
Buat dua hal penting itu, aku belum bisa jadiin resolusi tahun 2015 ini soalnya aku ngerasa belum siap segalanya. Tapi wallahu a'lam, kalo tiba" aku dapet beasiswa atau rejeki buat S2 atau jodohku uda ketemu sama aku, hahay.
Anyway, kita nggak bisa ngira-ngira apa yang akan terjadi nanti, semua masih jadi misteri. Manusia boleh berencana tapi hanya Tuhan yang berkehendak apakah rencana itu terlaksana atau diganti dengan hal lain yang lebih baik dan pastinya terbaik untuk kita.
Dan yang terakhir, semoga semua atau sebagian atau salah satu dari resolusiku di atas bisa tercapai di tahun ini, begitu juga resolusi kamu, iya kamu. aaaamiin :)

3 comments:

  1. Aaaamiin...
    betul banget selama takdirnya belum ditutunkan ke bumi, kita disuruh mencarinya sampai ke belahan bumi manapun untuk mendapatkannya, namun memang semua atas kehendak-Nya..

    Semangat ya....

    ReplyDelete
  2. Wah kak semoga dimudahkan ya mencapai resolusi yang diimpikan, semoga bermanfaat ya artikel ini yang bisa membantu bisa dibaca di sini ya kak

    ReplyDelete