13/02/2013

The 'Herstory' of my name

Perkenalkan nama saya ARIZA EKKY SAPUTRI .
Saya lahir di Malang, (kota yang indah nan sejuk !) pada tanggal 21 mei 1993 tepatnya di RS Bersalin NU deket Ramayana Dept.Store.
Klo ngomongin sejarah dari namaku ituuu, kata ibuku sih suka aja sama nama ARIZA, sebenernya ortuku bingung antara ANISA sama ARIZA, akhirnya milih yg kedua deh, soalnya yg kedua itu kyaknya jarang dipake, hehe (padahal ga tau artinya apa'an ? -__-)
Oiya, ada kejadian lucu nih sama pemberian namaku itu, pas ayahku lagi di luar  dan ketemu sama temen2 beliau, eh ayahku bilang kalo namaku tuh NOVIA LUTFIANA,*jauh banget kan sama nama aslikuu. -__-
Pas aku tanyain kenapa bisa salah, eh kata beliau tiba2 muncul aja nama itu di otak ayahku, langsung deh kesebut, hhaaa :D
Balik lagi ke nama asliku, pas aku tanya ke ibuku knapa ngasih nama itu, pokoknya punya "arti anak pertama perempuan" (udah). hahaa iya nyambung juga sih, aku emang anak pertama dan perempuan, dan aku punya adik, namanya Aan (Muhammad Fadhlur Rachman), beda banget ya sama namaku, (maksudnya asal bahasanya ituu). Ah tapi ga apa lah, untung masi dikasih nama, hehee
Kalo aku ngartiin secara tekstual, aku ngiranya itu bahasa Arab, ar-ruzza yang berarti padi (beras), tapi agak maksa juga ya, aslinya huruf u jadinya i, tapi bisa lah diakal2in, hehe. Filosofi padi kan keren banget, semakin berisi semakin merunduk, (berisi : berilmu). Semoga aku bisa jadi seperti itu ya, aamiiin ;)
Trus pas uda gede gini aku iseng2 nyari di internet, arti nama Ariza,  eh ternyata nemu, ternyata nama itu berasal dari bahasa Hebrew yang artinya pintu dari kayu pohon cemara, apaan coba maksudnya ? aku ga pernah tau bentuknya kayak apa pintu ituu, tapi kalo diliat dari filosofinya pohon cemara, itu gini: tumbuh berdampingan tapi berjarak agar tak saling menginjak. Waaah, hebat ya pohon cemara ituuu, tetap hidup bersama tapi tak saling menyakiti, manusia patut mencontoh tuh. :D
Kalo Ekky, ga ada juga tuh bahasa yang make kata itu, tapi kalo disambungin sama Eka bisa kaaaan ? Yup, Eka itu bahasa sansekerta yang artinya satu. Aku anak pertama, jadi cocok yaaa, dan semoga selalu bisa jadi yang pertama (dalam segala yang baik2). Tapi kenapa ekky ? soalnya kliatan lebih unyu aja kali yaaa, hehe (dulu kan aku unyu, :3).
Daaaan yang terakhir Saputri, *sama temen2 diplesetin jadi sapu (spasi) tri, sapu yang berjumlah tiga doonk -____-", aseeem banget. Padahal artinya perempuan, yup I'm a woman.
Kalo disambungin semua ari diatas, mungkin gini kali ya: Cewek pertama yang punya pintu dari kayu pohon cemara, hahhaaaa xD


5 comments:

  1. anak wanita pertama yang dapat menjadi pintu yang harmonis..
    haha..apa coba

    ReplyDelete
  2. pintu yang harmonis? baru denger istilah kyk gtu dir haha :D yaa mgkin bisa sih kan filosofi pohon cemara itu sendiri hidup berdampingan dan harmonis hehe :p
    kalo arti nama kamu apa dir?

    ReplyDelete
  3. sebelumnya nama aku Muhammad Mu'az kalo gak salah Mu'az itu sahabat nabi...tpi kebiasaan keluarga aku, pas bayi mau dikasih nama, namanya ditulis dulu di sebuah kertas pake bahasa arab terus ditruh dibawah bantal bayi selama seminggu. diliat kalo si bayi ngambek2 terus katanya namanya gak sesuai sama yg di lauhih mahfuz. eeeeeeeeh, ngambek deh..
    nah, pas malem2 buya aku nonton film perang islam, nama jendralnya di film itu Chaidir Ali...
    yaudah, dinamain itu deh, soalnya gagah, ganteng, hidung mancung tapi bukan itu yg turun, malah itemnya yg turun..hahahaha

    ReplyDelete
  4. owh ya, orang tua dulu bnyak kok yg tau film itu...aku sering knalan sama orang gara2 dia tau film itu..hehehe
    "mas, namanya dari film perang itu ya??"
    "kok tau mas?"
    itu film favorit saya dulu"
    "ooooowgh"

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh mu'az bin jabal itu ya?
      jiaah, dari kecil suka ngambek ternyata. :p
      buahaahaha sumpah ngakaak. xD
      yaa semoga aja ada kebaikan lain yg bisa diturunin sama sang jendral Chaidir Ali ke si Chaidir Ali.

      wah, jadi penasaran sang jendral kayak apaa.

      Delete