09/11/2014

Student Visiting Program in Malaysia #Day3

DPP Muamalat, UUM
Date: Monday, 22 September 2014

Second day in UUM !
Waktu menunjukkan pukul 6 pagi dan aku pun langsung menuju ke kamar mandi untuk wudhu diteruskan sholat shubuh. Ya, disini subuhnya emang jam segitu, bukan akunya yang bangun nelat haha :D jam 6 masih kayak jam 5 kurang, masih gelap dan sepi banget. Tapi hawanya uda panas aja, hehe
Agenda hari ini adalah mengikuti Seminar Pemikiran Tokoh Negaran ASEAN 2014 yang bertempat di Hotel Executive Development Centre (EDC), hotel ini milik UUM tapi lokasinya misah gitu sama kampus, kurang lebih 2-3 km.
Bus yang nganter kita uda nongol di halte dekat asrama putri yang kita tempati. Kita disuruh kumpul jam 8 dan rombongan UIN Malang paling tepat waktu lhoo, yey ! Akhirnya kita berangkat duluan ninggalin kampus lain hehe.

Picture 01: Schedule of "Student Visiting Program"


Oya, hampir lupa mau njelasin dikit tentang program Student Visiting Program yang diadakan UUM ini. Jadi ini program kerjasama antara Malaysia-Indonesia, tahun lalu uda pernah ngadain kayak gini, berarti ini uda yang kedua kalinya. Kampus Indonesia yang ikut program ini diantaranya adalah: Universitas Jember, Universitas Kanjuruhan Malang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Pembangunan Nasional Jogja, dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Program ini dicetuskan oleh salah satu dosen UUM yang berasal dari Indonesia, yakni Mr. Yatno Ladiqi. Kegiatan ini berlangsung sebulan penuh yang kegiatannya sudah ditentukan oleh pihak UUM. Namun, kampus kita cuma ikut 2 minggu soalnya dapet ijinnya cuma segitu hehe.

Picture 02: co-card peserta seminar

Balik lagi ke acara awal, tentang seminar. Kita sampai di lokasi pukul 8 lewat 10 menit an. Trus langsung disuruh ngisi absensi dan nerima seperangkat seminar kit. Sebelum acara dimulai kita disuguhi sarapan dulu. Wah, ini nih yang jarang aku temui di Indonesia, seminar seharian dikasih makannya 3 kali, plus nanti ada coffe break 2 x, lumayan buat hemat uang saku hihi.

Picture 03: Para Pemateri Seminar

Seminar dimulai sekitar puku 09.30 pagi. Diantara pemateri yang mengisi seminar kali ini adalah:
1. Dr. Hj. Ahmad Zaharuddin Sani Ahmad Sabri
2. YBhg. Prof. Dato' Dr. Abdul Rahman Abdul Aziz
3. Encik Abdul Razak Panaemalae
Acara ini juga diisi dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Arkib Negara Malaysia dan Institut Pemikiran Tun Dr. Mahathir Mohamad, UUM.

Picture 04: Mahasiswa UIN Malang berfoto bersama Pemateri dari Unversitas Indonesia

Dalam seminar kali ini, delegasi dari Indonesia diwakili oleh Prof. Abdul Bani Azed yang merupakan guru besar di Universitas Indonesia. Beliau mempresentasikan tentang: "Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Indonesia dalam Era Reformasi (1999-2014). Beliau menjelaskan sejarah politik dari kepemimpnan presiden Soeharto sebagai presiden yang paling lama menjabat (32 tahun). Pemilihan umum pada saat itu didominasi oleh dua partai besar yakni Golkar dan PPP. Sedangkan permasalahan pemilu saat ini adalah era reformasi yang kebablasan. Media terlalu berani menjatuhkan pihak lawan untuk membela pihak yang diusungnya. 

Picture 04: Mahasiswa UIN Malang berfoto bersama Pemateri dari Indonesia

Pemateri lain dari Indonesia adalah Dr. Yeti Rochwulaningsih. Beliau menjelaskan sebuah artikel yang berjudul: "Soekarno dalam Pembentukan Nasionalisme dan Karakter Bangsa". Beliau memaparkan tantang sejarah Soekarno sebagai presiden Indonesia dan semangat juang yang tiada henti.
Seminar ini berakhir pukul 05.10 petang.

No comments:

Post a Comment