01/03/2014

Suka Duka Guru Privat

Kali ini aku mau berbagi cerita sedikit tentang aktifitasku selain kuliah, suatu pekerjaan yang biasa digeluti mahasiswa, tau nggak? yup, bener banger, jadi guru privat ! :D Awalnya aku ditawarin temenku buat ngajar pelajaran yang paliiiiing aku sukaaaa ke anak SD kelas 6, tapi mungkin bagi kebanyakan orang itu pelajaran yang not fun, bored, difficult, atau bahkan scared ! hehe :D  Tapi justru aku sangat sangat sangaaaat menyukainya, Matematikaa  :* (Aduh, sorry aku lebay, hihi)
Tanpa pikir panjang aku langsung setuju dan akhirnya aku mulai ngajar seminggu setelahnya.

Tempatnya di daerah sengkaling dan ternyata lumayan jauh kalo diukur dari rumahku, perjalanan sekitar setengah jam, wow ! Tapi untungnya kalo dari UIN nggak begitu jauh sih. (Inget ky, ini perjuangan, hoho) Awalnya kenalan dulu sama anak SD nya, ada 2 ternyata dan mereka cowok. Seperti biasa kalo les, ngerjain PR bareng, belajar bareng, ada maennya juga kadang". Untungnya mereka asyik juga, tapi namanya cowok pastinya ada nakalnya, :/ Nggak heran, aku kadang dijahilin sama mereka, -_- (kalo pas lagi goodmood sih ga masalah, kalo uda badmood, aduh rasanya mending pulang aja nggak usa ngajar, haha)



Lama kelamaan yang namanya guru privat kudu serba bisa, akhirnya aku dituntut untuk ngajar (atau lebih tepatnya belajar bareng) semua pelajaran. Jujur aja sih, uda lumayan banyak yang lupa, hehe. Jadi, caranya aku baca buku paket mereka secara scanning trus berusaha njelasin sebisanya trus aku tebak"in deh (itu kalo mau ulangan atau ujian). Paling enak kalo ngelesin tuh, nyari soal trus aku suruh mereka ngerjain, kalo uda selesai baru dibahas bareng". Dan kalo pas lagi ada PR (ini yang paling sering), secara nggak langsung aku yang ngerjain, tapi tetep, aku jelasin ke mereka pelan".
Sebenernya ada banyak sih cara ngajar yang baik, tapi yaa aku masi pemula, jadi kurang lebih seperti itu cara ngajarku, mungkin kalo uda bosen baru diselipin game" gtu. Nah, dari sini aku sadar, masi perlu banyak belajar lagi soalnya pengetahuanku tentang metode ngajar masi sangat minim apalagi aku bukan dari keluarga yang berorientasi pendidikan, tapi dari keluarga pedagang alias bisnisman gtu.

Selama ini aku uda ngajar di 4 tempat, pertama di Sengkaling ngajar 2 anak SD kelas 6, trus ada yang di Blimbing 1 anak SMP kelas 1, ada juga yang nggak jauh dari rumahku di daerah Muharto dia masih SD kelas 3, sama ada lagi 1 yang dateng langsung ke rumahku, dia uda kuliah semester 4 khusus belajar bahasa inggris sama aku.

Jadi guru privat, enak sih, enak banget malah ! Selain bisa menyampaikan ilmu, juga bisa memperluas jaringan kenalan sama banyak orang, trus bisa buat hiburan juga kalo pas lagi sumpek sama tugas kuliah atau kegiatan lain, dan yang pasti dapet rejeki dengan berbagai bentuk, *ups hehe :p
(Alhamdulillah, berkat part time job ini aku bisa nyari uang sendiri, itung" buat beli bensin sama pulsa, *kebutuhan wajib mahasiswa hehe)

Dukanya, kalau uda badan capek seharian full kegiatan di kampus, trus ketambahan ngelesin. Rasanya pengen ambruk nih badan. Ada lagi kalo pas ujannya dueress, jujur aja nih, lumayan takut juga kalo naek motor pas lagi ujan dueres plus berangin, rasanya motor q oleng dan pastinya bikin masuk angin meskipun uda pake jas ujan. Kalo uda gini konsekuensinya ya absen dlu dah, ato paling nggak nelat gtu, ato mgkin ganti hari lain. :/

Nah, kalo uda punya kerjaan gini kudu pinter" ngatur jadwal dan aku termasuk orang yang apa" kudu dipersiapin mateng dulu alias nggak bisa spontan. So, aku bikin smua jadwal kegiatan harianku sedemikian rupa. Dan hasilnya, lumayan sibuk juga aku. Ah, tapi mending sibuk, daripada nganggur malah larinya ke kegiatan yg useless kayak maen, socmed-an (ini nih yang nggak bisa aku tinggalin, hihi), hang outshoppingeye laundring alias cuci mata, wkwk :D Yaa, sesekali boleh" aja sih, tapi nggak boleh jadi habit lho yaaa.

Anyway, that's all my little story about being a tutor.

Terimakasih buat Ahda, mbak Naya, Smart Home Private Course and Learning Centre, dan semua pihak yang terlibat, termasuk para adek"ku, Mazzay, Thufail, Diaz, Firda, and Kiki, sukses terus ya buat kaliaan. Maaf kalo aku belum bisa jadi teman belajar yang baik. Semoga ilmu yang qta pelajari bersama bisa bermanfaat di dunia dan akhirat, aamiin :)



No comments:

Post a Comment