15/08/2013

Fakta Lebaran

H+7 lebaran 

Selamat Ied Fitri 1434 H, mohon maaf lahir batin :)

Nemu ini di google, suka deh sama kartu ucapan ini (y)

Di tulisan kali ini aku pengen bahas tentang fakta lebaran di Indonesia. Ada beberapa yang unik, diantaranya:
1. Maaf-maafan
Momen maaf-maafan ini cuma setahun sekali di Indonesia, sangat berguna juga sih menurut q. Soalnya kadang2 ada beberapa orang yang enggan buat minta maaf klo uda ngelakuin kesalahan. Nah, pas lebaran inilah org2 tsb bisa maaf-maafan sama org yg uda didzolimi. *sekalian gtu crtanya, hehe
Fakta yang menarik adalah ketika org2 menganggap bahwa kalimat Minal Aidin Wal Faizin itu artinya maaf lahir batin -_- padahal artinya jaauuuuh. Kurang pemahaman aja sih sebenernya. Klo mau yg uda tau lebih baik ngasih tau, tapi yang sopan ya.

2. Silaturahim ke sodara2/teman2/guru2/lain2
Nah, ini nih yang ga kalah hebatnya. Momen silaturahim bisa dilakukan. Bisa ketemu sodara2 yang udah lamaaa ga ketemu, trus bisa kangen2an juga, hehe. Manfaat silaturahim juga luar biasa, bisa memperluas rezeki, subhanallah ! Padahal klo dipikir2 apa hubungannya silaturahim sama rezeki? Wallahu a'lam :) *males mikir, hehe

 3. Mudik
Kebanyakan orang Indonesia itu merantau dari daerah asalnya, so kalo mau silaturahim harus ngadain mudik dlu alias pulang kampung. Momen mudik ini paling banyak dirasain sama orang2 di Jakarta soalnya kebanyakan dari mereka bukan asli Jakarta. Mudik membawa keuntungan tapi menurut q lbh banyak kerugian. Soalnya uda bikin macet, byk kecelakaan, trus dishub, polisi, n pihak2 yang terkait jadi sibuk ngatur. Tapi ya itu mungkin uda resiko ya. Alhamdulillah aku ga pernah mudik jauh2 gtu, hehe

Secara umum itu aja sih kayaknya, tapi ini ada tambahan. Di desa asal ortu q, tepatnya di daerah Tajinan, Kab. Malang. Ada satu tradisi yang masih melekat pas waktu lebaran, yaitu tradisi ater-ater. Semacam ngasi hantaran makanan ke tetangga2 gtu deh. Tapi menurut q ini kurang efektif, soalnya bikin mubazir, gimana enggak, semua orang pada ngasih makanan satu sama lain, otomatis numpuk di dapur, dan paling tidak ada 20-30 org per hari nganter makanan, otomatis makanan jadi numpuk, sebagian besar di kasihkan ke para hewan deh +_+ 

Mungkin cukup segtu aja, tanganku uda pegel, hehe *manja*
Sekian :)

@ArizaEkky

No comments:

Post a Comment