21/01/2019

7 Kuliner Malam Nikmat di Kota Malang

Saatnya bahas kuliner malam di Malaaang. Berikut ini pilihan kuliner yang bisa dicoba yaa, semuanya pernah aku coba dan dijamin enaak semua:

1. Sate dan Gule Kambing Bang Elyas

(malang.merdeka.com)

Makan malem paling enak nyate dong yaa, sekali-sekali boleh lah pas awal bulan mumpung kantong masih tebal. Ada banyak sate dan gule terkenal di Malang, tapi yang aku suka selain sate di RM Cairo/Bang Saleh, itu ada di daerah kasin, deket pertigaan Seminari Al-Kitab, tepatnya di Jl. Arif Margono No. 28, Klojen, Malang. Depot Sate dan Gule Kambing Bang Elyas namanya, buka dari jam 5 sore sampe jam 9 malem. Dagingnya empuk, bisa milih yang berlemak atau tanpa lemak. Gule kambingnya juga enak banget. Harganya sesuai dan standar menurutku, sekitar Rp 35.000 per 10 tusuk. Bumbu kacangnya enak, nggak terlalu banyak kacang. Porsinya pas banget deh. Apalagi ditambah irisan bawang merah dan jeruk nipis, hmm.. Legitnyaa. 

2. Nasi Mawut Pak Iwan

(malang.merdeka.com)

Salah satu kuliner malang yang wajib dicoba nih, namanya nasi mawut pak iwan. Nasi mawut ini nasi goreng yang dicampur sama mie kering, jadi pas dimakan ada sensasi kriuk-kriuk nya gitu. Rasanya enaak nggak sekedar asin, terus nggak berminyak juga, pas banget pokoknyaa nggak bosenin. Porsinya banyak, bisa buat makan 2-3 orang. Selain nasi mawut, di sini juga ada banyak macem menu chinese food lain, ada nasgor sp (nasgor merah toping telor orak arik), capjay, tami capjay, koo lo ke, boo ja ke, bakmie, ayam saus mentega, dll. Harganya memang agak mahal sih, tapi sesuai banget sama rasa yang disajikan. Nasi mawut dan nasgornya sekitar 28 ribuan, untuk yang lain 35 ribuan kalau nggak salah. Oya, lokasinya ada di Jl. Aris Munandar No. 44, buka dari jam 5 sore sampe malem, liburnya hari senin.

3. Ikan Segar Galunggung

(dolandolen.com)

Pengen seafood yang bisa pilih sendiri ikannya sebelum dimasak? Yaa di sini tempatnya. Berlokasi di Jl. Galunggung No. 43, Gading Kasri, Klojen, Malang. Buka dari jam 5 sore. Tempat ini sering banget dikunjungi artis-artis lhoo. Tempatnya nyaman banget, udah gitu sambel + lalapannya gratis ambil sepuasnya. Ada banyak ikan yang bisa dipilih, diantaranya ikan bandeng, patin, gurame, kerapu, bawal, dll. Ada juga seafood lain seperti udang, cumi-cumi, kerang. Semuanya bisa dimasak sesuai yang kita inginkan, khusus ikan bisa dibakar, yang lainnya bisa dimasak asam manis, saos padang, goreng mentega, rica-rica, dll. Pilihan minumannya juga banyak. Disediakan krupuk juga. Harganya nggak begitu mahal kok, sesuai dengan rasa yang ditawarkan dan penyajiannya tentu fresh banget.

4. Nasi Jagung Bu Tatik


Biasanya nasi jagung dijual pagi hari, tapi yang ini beda, baru buka sore sekitar jam setengah 5. Lokasinya ada di Kedung Kandang, tepatnya di Jl. Raya Ki Ageng Gribig No. 21, sebrangnya indomaret, deretan kios-kios pinggir jalan. Nasi jagung ini disajikan dengan sayur lodeh, urap-urap, ikan asin, mendol, rempeyek. Bisa ditambah lauk lain, ada bakwan, telur dadar, lele, ayam, sate usus/jeroan, ikan tongkol, dll. Di sini juga disediakan nasi putih buat yang nggak suka nasi jagung. Ada lauk mateng, botok (pepes), sinom, lemet, dll. Harganya cuma 9 ribuan, murah banget kan?

5. Jagung Bakar Pulosari


(wisatakuliner.com)

Malem-malem paling enak jajan yang anget-anget ya gaes. Jagung bakar bisa jadi salah satu pilihan favoritnya. Jajanan simple dan pastinya ngenyangin ini biasanya disajikan pas malam tahun baru. Tapi kita bisa nemuin ini di deretan jl. Pulosari, Blimbing, di sana banyak cafe dan warung yang menjual jagung bakar dan aneka jajanan lainnya seperti pisang bakar dan roti bakar yang disajikan dengan berbagi toping. Cafe jagung yang paling terkenal namanya Jaya Abadi. Buka dari jam 5 sampai malam. Harga menunya mulai dari 
3.500 an. Ada STMJ nya juga di sini. Yuk, cobain. 

6. Belut Goreng Plaosan


Nama warungnya Lesehan Belut "Alami". Lokasinya di Jl. Teluk Grajagan, Pandanwangi. Buka nya mulai sore jam 5 an. Di sini spesialis belut goreng renyah. Rasanya gurih, kriuk banget, cocok disantap dengan sambal tomat nya. Harga per porsi nasi belut Rp 12.000 kalau tanpa nasi Rp 15.000 karena dapet lebih banyak belutnya. Rasa belutnya nggak amis, cocok banget dibalut sama tepung crispy. 

7. Ronde Titoni 
(tripadvisor.com)

Tiap wisatawan yang datang ke Malang wajib banget nyobain kuliner ini karena ini legend banget gaes. Di sini jual ronde basah, ronde kering, angsle, dan kacang kuah, biasanya ada cakue dan roti goreng juga sebagai makanan pendampingnya  Harganya rata-rata 8 ribuan. Lokasinya ada di Jl. Zainul Arifin No. 17, Sukoharjo, Klojen, Malang.

Oiya, sebenernya ada lagi rekomendasi makan malam yang dulu aku sering beli waktu masih jaman SD, namanya Bebek Madura Guteh, bebek goreng yang dimasak dengan resep khas Madura. Warung ini buka di pinggir jalan di Pasar Kebalen, dekat rel kereta api. Bukanya malem ya, bentuk warungnya tenda buka tutup dan ini sudah lama banget jualannya. Rasanya khas banget, ada sambel, kecap, sama sisa minyak yang buat goreng (ini yang bikin beda dari yang lain). Harga per porsinya sekarang nggak tahu berapa (makanya nggak aku masukin list di atas, hehe, udah lama nggak beli soalnya). Di sini juga ada usu dan jeroan bebek yang pastinya nggak kalah nikmat juga. 

4 comments:

  1. Belut goreng sih yang menggoda banget sepanjang baca tulisan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, bisa dicoba, kuliner yang nggak biasa tapi nagih :D

      Delete
  2. Angsle itu wajib banget kayaknya tiap abis makan malam kalo lagi liburan ke Malang. Tapi sate bang elyas itu menggoda juga yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget, saya yang orang malang kalau beli angsle wajib kesitu padahal lumayan jauh dari rumah, wkwk
      iya betul, kapan-kapan bisa dicoba kalau lagi ke Malang :)

      Delete