14/01/2019

7 Jajanan Kota Malang yang Enak buat Pengganjal Perut (Area Sawojajar)

Kali ini aku mau share tempat jualan jajanan yang cocok buat cemilan di sore hari. Semua lokasinya ada di area Sawojajar yaa, soalnya deket sama rumahku, hehe
Langsung aja kita bahas satu persatu:

1. Pempek Farhan
(kulinermalang.com)

Pempek memang kuliner khas Palembang, tapi di Malang juga banyak banget yang jualan. Pempek Farhan adalah salah satu pempek yang paling banyak di jual karena banyak cabangnya di Malang. Pusatnya ada di Jl. Ranugrati 1 No. 21, Sawojajar. Tempatnya di pinggir jalan dekat dengan jembatan Ranu Grati. Kalau bawa mobil agak susah sih parkirnya, jadi aku saranin bawa motor aja kalau kesana atau jalan kaki, atau go food. Seperti pempek pada umumnya, di sini ada berbagai jenis: pempek lenjer, isi telur, bulat, kulit dan kapal selam. Harga per biji nya cuma 2.500 an aja. Murah banget di banding yang lain. Trus rasanya juga nggak bikin bosen, kuah cuko nya pas tapi cenderung pedas. Cocok buat lidah jawa. Bisa di goreng di tempat atau dibawa pulang mentahan, harga sama ya. Kuahnya diberi potongan timun yang seger. Pas banget deh buat cemilan sore kalian bersama keluarga.

2. Lumpia Bu Budi
(@malang_kuliner)

Jajanan khas Semarang ini juga sangat mudah ditemui di mana saja. Kalau mau coba lumpia yang enak dan full isi rebung + ayam nya, ada di jl. Danau Ranau, Sawojajar. Lokasinya di pinggir jalan dekat perempatan, di sana banyak jualan street food lainnya. Lumpia Bu Budi ini beda dari yang lain, karena isinya banyak, kulitnya renyah, saus lumpianya manis legit pas banget pokoknya. Harganya 3.500, bisa beli digoreng dulu atau beli mentahan, tapi harus langsung masuk kulkas ya. Buka nya sekitar jam 4 sore, dan selalu rame.

3. Gorengan Pasar Senggol

Siapa yang nggak suka sama jajanan ini? Pasti hampir semua orang suka banget sama gorengan. Yup, jajanan ini sudah tak asing bagi siapa saja, dan tentunya mudah banget ditemui di mana saja. Tapi di sini ada gorengan yang melegenda, alias jualannya udah luamaaa banget, pas aku masih SD udah jualan. Tempatnya agak masuk gang, namanyq pasar senggol, tepatnya di jl. Danau Maninjau, Sawojajar.
Gorengan di sini banyak banget macemnya, ada weci, bakwan, tahu isi, tahu biasa, pisang goreng, sukun goreng, menjes, tempe goreng, tempe kacang, ketela goreng, lumpia isi bihun, nanas goreng, gandos alias degan goreng. Baru nemu di sini buah-buahan jadi gorengan, wkwk. Tapi serius enak lho gaes, meskipun banyak tepung nya sih jadinya. Harganya 800 an per biji. Dapet petis + cabe ijo. Buka nya mulai sore, dari jam 4. Tapi kalau mau agak lengkap datengnya jam 5 an ajaa, biar pas tersedia semua pilihannya
(foto menyusul yaa)
.
4. Bagor Lengko
(shopee.co.id)

Bagor atau baso goreng bisa jadi alternatif cemilan yang mengenyangkan. Salah satu yang terkenal banget di Malang namanya Bagor Lengko. Pertama kali beli ini di stan Pasar Minggu deket Stadion Gajayana. Kalau mau beli di sini harus rela antri yaa, karena emang rasanya enak banget dan banyak pilihan baso nya. Untungnya Bagor ini buka cabang di beberapa tempat, salah satunya di Sawojajar. Tepatnya di jl. Danau Semayang 4 E2G No. 5, deketnya SMK Telkom Sawojajar. Satu porsinya 14 ribuan, udah dapet 4 baso: baso sapi, baso ikan, baso udang, baso ayam  dan 1 tahu baso. Bagor ini digoreng dengan balutan tepung yang renyah ditambah saus tomat. Baso nya gede-gede jadi dijamin kenyang deh.

5. Singkong Keju Sawojajar



Singkong adalah salah satu makanan merakyat yang banyak sekali peminatnya. Banyak sekali yang jual singkong keju, tapi biasanya aku beli di stan food court deket Pasar Sawojajar di jl. Danau Bratan. Singkongnya digoreng renyah di luar namun lembut di dalam. Kita bisa pilih toping bumbu, tapi kalau aku lebih suka makan pakai mayonaise. Seporsi singkong cuma 8.000 an, udah dapet satu bungkus yang dibungkus sterofoam.

6. Cakue Roti Goreng Sawojajar

Jajanan ini termasuk yang paling murah di antara yang lain. Harganya cuma 500 an. Di Sawojajar, tempat jual cakue dan roti goreng enak ada di pojokan jl. Danau Bratan. Buka 2x sehari, pagi dan sore. Biasanya yang paling laris cakue nya, karena memang rasanya yang enak dan gurih nggak sekedar asin seperti cakue kebanyakan. Kalau pengen jajan murah tapi dapetnya banyak, tentunya cakue dan roti goreng yang paling tepat buat diburu.

7. Martabak dan Terang Bulan Holden

(foursquare.com)

Kalau ini jajanan yang sedikit berkelas dan paling sering buat dijadiin buah tangan ke camer, hehe. Martabak dan Terang Bulan tentu sudah nggak asing lagi bagi kita. Kalau di luar Malang, terang bulan biasa disebut martabak manis. Biasanya aku beli kedua jajanan ini di dekat pintu gerbang perumahan Bulan Terang Utama (BTU) , deket rumahku, hehe. Namanya Holden, plesetan dari holland kali ya, wkwk. Karena setauku kebanyakan mengambil nama dari situ.
Martabak di sini ada yang berisi daging ayam dan daging sapi. Harganya 25.000 an, aku biasa beli yang daging sapi. Kalau harga terang bulannya bervariasi, banyak rasa dan bisa milih adonan terang bulannya juga. Tapi biasanya aku beli yang original rasa meses keju, harganya 20.000. Suka banget sama terang bulan di sini karena rasanya nggak bikin eneg, nggak terlalu manis juga. Pas banget porsinya. Martabaknya juga enak, dagingnya banyak. Free delivery khusus perumahan BTU.

No comments:

Post a Comment