15/01/2019

5 Restoran Keluarga di Malang dan Batu

Sebagai kota pariwisata, Malang sangat identik dengan kulinernya yang selalu diburu oleh para wisatawan. Destinasi liburan keluarga yang paling banyak diminati memang ke Kota Batu, namun, kota Malang juga tak kalah luput dari perhatian. Karena kebanyakan akses menuju Kota Batu adalah melewati kota Malang.
Ada banyak resto yang cocok untuk keluarga di kota Malang, dari konsep mewah sampai yang sederhana. Berikut ini beberapa restoran yang sudah pernah aku dan keluargaku kunjungi yang dijamin enak dengan harga yang lumayan.

1. Ikan Bakar Cianjur
(inijie.com)

Restoran ini pertama kali aku kunjungi di Pandaan, dulu waktu masih SMA, dan sekarang (udah lama juga sih) buka cabang di Malang tepatnya di jl. Simpang Balapan No. 5, Oro-oro Dowo, Klojen, Kota Malang.
Resto ini menyajikan menu yang sangat berkelas. Rasanya sangat khas dengan kualitas bahan-bahan makanan yang terjaga. Dari namanya, maka menu utama di restoran ini memang ikan, khususnya ikan air tawar seperti gurame dan nila yang dimasak dengan berbagai menu pilihan. Ada juga menu lain seperti kambing, ayam, lele, udang, dll. Menunya tergolong cukup lengkap dan beragam. Pilihan minumannya juga banyak. Tempatnya sangat nyaman, bersih dan pelayanannya sangat baik. Harganya memang agak mahal tapi sangat sebanding dengan rasa yang ditawarkan. Resto ini mengenakan pajak ke pelanggan dan ada tambahan membayar biaya pelayanan.
Menu yang biasa keluarga ku pesan adalah nila pepes dan nasi liwet, perpaduan yang sempurna! Ditambah gurame pesmol dan cah kailan. Nikmat banget gaes. Kalau menu lain aku nggak pernah coba, tapi aku yakin rasanya dijamin enak :D

2. Ayam Goreng Pak Maning


(malangculinary.com)

Rumah makan ini sangat cocok untuk kumpul keluarga, ada 2 lokasi di Malang, di jl. L. A. Sucipto no. 195, Blimbing dan jl. Mondoroko No. 1, Singosari. Menu paling spesial tentu ayam goreng kremesnya, sebagaimana nama yang terpampang pada rumah makan ini. Aku pernah berkunjung ke cabang Singosari, meja kursi yang disediakan sangat banyak dengan tampilan aksen kayu yang tradisional, ada lesehannya juga. Harganya cukup terjangkau untuk ukuran resto keluarga. Menunya juga beragam, ada macem-macem ikan, sayuran, pilihan minumnya juga banyak.

3. Lesehan & Galeri Joglo Dau


(pegimakan.com)

Rumah makan ini nih yang penuh nostalgia. Langganan keluargaku sejak aku masih SD, syukuran sweet17 juga diadain di sana. Lokasinya adem banget gaes, di daerah Dau, arah ke kota Batu, tepatnya di jl. Sumbersekar. Tempatnya unik, bentuk pendopo/joglo gitu, ada galeri lukisannya juga, fasilitas playground, musola juga ada. Luas banget lahannya. Menunya juga enak-enak, yang spesial ayam goreng nya. Harganya sesuai sama rasa makanan + kenyamanan tempatnya. Kalau dateng ke sini lebih enak pesen tempat lesehan, trus ada iringan musik jawa gitu.
Joglo Dau juga buka cabang di Jl. Simpang Balapan, tempatnya lumayan sih, tapi masih nggak bisa ngalahin yang di Dau, karena yang ini indoor meskipun tetep bernuansa jawa.

4. Warung Lesehan Yogyakarta


(malangculinary.com)

Pertama tau warung ini pas buka puasa di Ma'had MAN 3 Malang (sekarang MAN 2 Kota Malang), dapet nasi kotak yang isinya ayam goreng kremes, enak bangeeett. Apalagi makan bareng temen-temen seperjuangan. Trus baru kesampean ke lokasi warungnya 8 tahun kemudian dan ternyata tempatnya enak, nyaman, banyak lesehannya, masakannya juga enak-enak. Harganya juga sesuai. Menu-menunya hampir sama seperti resto keluarga yang lain, bisa pesen nasi tumpeng juga di sini, pelayanannya lumayan cepet kok. Lokasinya adem, di daerah Lembah Dieng, Blok A1 No. 8. Ramah difabel juga, karena disediakan jalan khusus buat roda. 

5. Waroeng Bamboe Lesehan Sidomulyo

(tripadvisor.com)

Makan bareng sekeluarga sekalian wisata ngasih makan ikan koi? Ya disini tempatnya! Warung ini unik banget, bentuknya lesehan kayu dan bambu dikelilingi kolam ikan koi. Kita juga bisa ngasih makan ikannya lho, dengan beli 2000/bungkus. Menu yang ditawarkan juga beragam, ada berbagai macam ikan air tawar dan air laut yang dimasak dengan digoreng dan dibakar. Ada juga menu ayam, macam-macam sayuran dan menu tambahan lainnya.  Lokasinya di jl. Raya Sidomulyo, Punten, Bumiaji, Kota Batu. Buka dari jam 9 pagi sampai jam 8 malam. 

No comments:

Post a Comment