08/07/2014

Studi Ekskursi Syariah 2014 #Day5

Hari pertama dan terakhir di Bandung ...

Yup, this is the last day of study excursion !
Institusi terakhir yang akan kita kunjungi adalah Observatorium Bosscha :D I do really want to visit this place since long time ago. Soalnya aku sukaaa banget sama astronomi ! Alhamdulillah kala itu aku bisa mengunjunginya sama temen" seperjuangankuu.
Sebelumnya kita mampir ke sebuah Rest Area gitu, aku lupa nama tempatnya apa pokoknya tempatnya di bukit dan itu super dingin ! Mau mandi aja males bingit, tapi untungnya ada fasilitas air hangatnya hihi.
Di sana kita juga having breakfast dan pastinyaaa berfoto riaaa :D
And these are some photos of us !

Picture 1: Tiga cowok narsis (chaidir, farul, sulthan) :D
Kenapa aku bilang narsis? Soalnya pas aku baru buka kamera mereka uda minta foto ajaa. Padahal yg punya aja belom sempet foto haha :D


Picture 2: Nikmah, Nova, Me, Liza, Riqqa *gantian motoinnya hehe*

Picture 3: Wajah" para gadis jurusan HBS hehe :D

Picture 4: Track menuju tempat buat sarapan, masi sempet aja foto :D

Picture 5: My ICP classmates and me :D

Abis dari Rest Area kita langsung cuuss ke Observatorium Bosschaaa. Kirain tempatnya jauuuh eh ternyata cuma 15 menit kurang uda nyampe haha. Bus gak boleh naik ke atas otomatis kita harus jalan kaki or naik ojek. Dan aku milih yang kedua, hihi. *males jalan sih. Biar hemat, aku bonceng 3 sama temenku si Ifa. Kalo gak salah bayarnya Rp 10.000. Gapapa lah, sekali-kali sedekah ke tukang ojek. Haha

1. Observatorium Bosscha
Dalam observatorium ini ada beberapa laboratorium yang di dalamnya ada teleskop menurut jenisnya masing-masing. Waktu itu kita dapet kesempatan masuk ke salah satu gedung yang dinamai gedung kubah, di dalamnya ada Teleskop raksasa yang berusia cukup tua sekitar 80 tahun, namanya Teleskop Ganda Zeiss. Kita dikasih pengarahan tentang teleskop ini oleh salah satu mentor dari Observatorium Bosscha.

Picture 6: Teleskop Ganda Zeiss

Setelah kurang lebih satu jam mendapat pengetahuan tentang Teleskop Ganda Zeiss dan pengetahuan lainnya, kita diajak untuk mengikuti kegiatan selanjutnya yakni kuliah singkat mengenai astronomi yang dilakukan di aula tak jauh dari gedung kubah tadi.
Pengarahan tersebut disampaikan oleh Andika B. Priambodo. Ia menjelaskan gambaran umum mengenai astronomi dan alam semesta disertai dengan gambar-gambar yang dapat meyakinkan kita.
Kunjungan ke Bosscha berakhir sekitar jam 11 siang. Alhamdulillah akhirnya bisa ke tempat ini jugaa :D

Picture 7: Para Peserta sedang mengikuti kuliah singkat tentang Astronomi

2. Gunung Tangkuban Perahu
Akhirnya kita bisa jalan-jalan dan melepas penat setelah berhari-hari bergelut dengan lembaga formal, hehe. Kita langsung menuju ke Gunung Tangkuban Perahu, soalnya tempatnya gak jauh dari Bosscha tadi. Tempatnya indah, sejuk, dan bau belerang -____-" tapi lumayan laah. Bisa tafakur terhadap ciptaan-Nya sekaligus cuci mata hehe. :D
Picture 8: The most of us ! :)

Picture 9: My tired face bikin susah senyum deh -_- 

Finally, kegiatan Studi Ekskursi Syariah ini uda kelar, alhamdulillah banyak manfaat dan kendala yang kita hadapi yang nantinya bisa dijadikan pelajaran buat kedepannya. :)
Thanks a lot buat Panitia, Dosen Pembimbing, Sopir + Kernet Bus Madu Kismo, seluruh peserta yang uda berpartisipasi dalam kegiatan ini dan semua pihak yang lembaganya kita kunjungi. Meski badan dan pikiran capek tapi seneng ! Semoga di lain kesempatan ada acara kayak gini lagi, hehe :D

See you, readers !
:)

2 comments:

  1. SESC ke bandung abis berapa per manusia biayanya :)
    Siapa tau bisa jadi referensi HMJ gw ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 500 rb, itu cuma transport n makan. Waktunya 6 hari.
      Mending klo ksana nyari penginapan aja biar gak kluntang kluntung kyk aku kmrn hehe

      Delete