05/07/2014

Studi Ekskursi Syariah 2014 #Day3

Hari ketiga di Jakarta ...

1. DPR
Kita melanjutkan perjalanan selanjutnya ke DPR. Setelah bersih diri di masjid Istiqlal sekalian sholat shubuh. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 1 jam. Akhirnya kita sampai di tempat jam 8 pagi. Padahal acara masih jam 10 hehe.

Picture 1: Inilah suasana di dalam bus 1 :D

Picture 2: Kita lagi di lingkungan DPR nih :D


Sambil nunggu jam masuk, kita sarapan dulu sama ada yg keliling lingkungan DPR, tempatnya luas bangett. Pas kita baru nyampe uda nemuin "pasukan" semacam Menwa kalo di kampus hehe. 
Masi ada waktu sejam akhirnya kita beranikan diri ke gedung DPR, yang gedungnya kayak keong bentuknya :D Pas uda disana kita langsung menuju ke aula. Berhubung belum waktunya acara dimulai kita diajak keliling museum DPR n Ruang Paripurna.

Picture 3: Di samping pintu masuk Museum DPR :)

Picture 4: Peserta Studi Ekskursi di Ruang Paripurna

Setelah keliling kurang lebih satu jam kita diperbolehkan masuk dan mengikuti acara di aula.  Materi di DPR kali ini disampaikan oleh Sekretaris DPR RI, Bapak H. Soeharton Rajaguguk S.H, M.H. Beliau menjelaskan  tentang pembentukan UU, mulai dari dasar hukum sampai tahapan-tahapannya yang dijelaskan secara rinci. Adapun tahapan tersebut jika diringkas adalah sebagai berikut: Pertama, tahap perencanaan, kedua, tahap penyusunan, ketiga, tahap pembahasan, dan yang keempat, tahap pengesahan. 
Jujur aja nih, pas disini banyak banget peserta yang ngantuk (penulis juga sih, hehe). Gara" semalem banyak yang gak tidur gtu. Apalagi konsumsinya dibagiin pas uda pulang. Telaat pak telaat haha :D

Picture 5: Suasana Kuliah Umum di gedung Aula DPR

2. BANI
Setelah dari DPR, para peserta dibagi ke dua tempat. Bus 1 ke BANI, Bus 2 dan Bus 3 ke BAZNAS. Soalnya tempatnya yang gak mencukupi gtu, hehe.
Otomatis aku diberi ikut yang ke BANI, setelah muter" nyari BANI, akhirnya nemu juga ! Ternyata gedungnya tuh gak ada plang tulisan 'BANI' -_-  yauda deh kita langsung menuju ke gedungnya ~
Pas masuk kita langsung diterima dengan baik dan mendapatkan sambutan dari Sekjend BANI, Ibu Krisnawenda. Selanjutnya kita dikasih kuliah singkat mengenai arbitrase dan hal-hal yang berkaitan dengan itu. Oya, sekedar info, nama BANI sekarang diganti menjadi BANI Arbitration Centre. Lembaga penyelesaian non litigasi ini tidak begitu terkenal di dalam Negeri tapi sangat dikenal di Luar Negeri.
Picture 7: Para peserta sedang serius mendengarkan penjelasan dari pemateri BANI

Picture 8: Alhamdulillah dapet 2 buku dari BANI :D

3. Kick Andy on Metro TV
Setelah menempuh kurang lebih 2 jam perjalanan kita sampai juga di gedung Metro TV. Bus 1 paling ngaret soalnya kena macet, huhu.
Pas uda nyampe, eh kita dapet kabar kalo kita gak boleh masuk ke studio. Langsung deh kita semua kecewa tingkat dewa hiks. Ternyata penyebabnya tuh pihak panitia gak konfirm ulang ke Metro TV setelah bilang mau daftar. Pihak UIN uda negoisasi singkat dengan pihak Metro TV tapi tetep aja kita gak boleh masuk soalnya uda gak ada kursi kosong. Emang salah kita sih, haha. :D Yauda deh, dengan berat hati kita meninggalkan gedung itu dan menuju ke Mesjid untuk sholat dan istirahat.

To be continued ...

No comments:

Post a Comment