26/03/2019

10 Rekomendasi Tempat Makan Siang di Malang yang Banyak Pilihan Menunya

Malangku kota kuliner, ada banyak sekali tempat makan favorit di sini. Menjamurnya spot-spot kuliner karena Malang banyak ditinggali mahasiswa dan banyak wisatawan yang singgah. Salah satu referensi dan banyak dicari adalah yang harganya yang murah dan banyak pilihan menunya. Berikut ini beberapa tempat makan yang perlu dicoba, khususnya pas lagi cari makan siang di Malang:

1. Ayam Goreng Nelongso

 (travelingyuk.com)

Warung kekinian yang buka 24 ini sudah tidak asing lagi bagi kalangan muda yang doyan makanan pedas. Ada banyak sekali cabangnya di kota Malang, bahkan kabarnya sudah dibuka cabang di kota lain. Keunikan warung ini karena bisa ambil sambal sepuasnya dengan berbagai macam sambal yang disediakan. Mulai dari sambal korek, sambal tomat, sambal ebi, sambal teri, dll. Menu paling favorit di sini ayam crispy nya sih. Harus banget dicoba. Seporsi biasanya dapet nasi, tahu, sambal dan lalapan. Lokasinya nggak perlu bingung, karena hampir di tiap kecamatan ada, wkwk. Buka 24 jam. Harga mulai 5000 rupiah sudah dapat seporsi nasi ayam nelongso, tapi kalau dengan harga segitu dapet ayamnya memang yang mini ya. Selamat mencoba!  

2. Kedai Assalamualaikum
 
(amazingmalang.com)

Kedai favorit mahasiswa nih, karena selain rasanya yang enak, pilihan menunya banyak, dan yang pasti murah banget. Menu yang wajib dicoba ayam kremesnya, rasanya gurih dan bikin nagih. Lokasinya di depan kampus UMM persis, jadi gampang banget nemuinnya. Buka dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam. Kedai ini ada dua lantai, katanya sih menu yang ditawarkan beda. Trus dari segi pelayanan memang agak lama sih, mungkin saking ramenya ya. Oya, air putih di sini gratis lho. 

3. Agung Resto


Pengen nyoba makan makanan khas Timur Tengah yang banyak macemnya? Yup, di Agung Resto tempatnya. Lokasinya ada dua, di jl.  Jendr Basuki Rahmat, Klojen, (sebelum BCA Kayu Tangan) dan di pertokoan alun-alun sebrangnya Mitra. Menu yang favorit di sini martabak telurnya sama nasi briyani. Harganya worth it sih, karena memang enak dan rasanya kuat bumbu rempahnya trus pilihan menunya juga lumayan banyak. Buka dari jam 9 pagi sampai 9 malam. 

4. Warung Madangkara

(kulinermlg.com)

Warung ini buka sudah lama banget, jaman aku masih SD kayaknya, dan yang jadi favorit tentu mendol garingnya itu lhoo, kres kres, renyah di mulut. Mendol adalah salah satu lauk khas Malang, jadi kalau mampir kesini jangan sampai lupa beli mendolnya ya, dijamin suka deh. Menu lain juga banyak, ada lalapan, rawon, soto, sop, dll. Masakan rumahan yang rasanya restoran. Lokasinya di jl. Kyai Tamin No. 25, daerah Pasar Besar Malang. Buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Parkirnya agak sulit kalau bawa mobil karena kawasan di sana terbilang rame dan sering macet. 

5. Dandee's Resto


Resto cepat saji ini juga sudah buka sejak lama, biasanya dulu kalau lagi jalan-jalan di Gajahmada Plaza, makan siangnya di sini. Resto ini sudah berganti nama, dulunya kalau nggak salah Dundee's , sekarang diganti Dandee's, dan pilihan menunya lebih bervariatif. Kalau dulu cuma ayam goreng tepung semacam mcd, kfc gitu, tapii sekarang ada banyak macemnya dan yang paling aku suka ayam kremesnya. Lokasinya tetap di dalam Gajahmada Plaza, ada lagi di sebrang Malang Plaza, pinggir jalan sebelah Resto Ikan Bakar 52. Buka dari jam 9 pagi sampai 9 malam. Kalau dari segi harga agak mahal sih memang, tapi pelayanannya lumayan cepat, tempatnya juga nyaman.

6. Saboten Shokudo

Ini nih masakan Jepang tapi rasa Indonesia! Maksudnya cocok buat lidah kayak aku yang nggak begitu suka nyobain makanan luar negeri, kadang rasanya aneh banget sih (kecuali masakan Timur Tengah ya). Awalnya resto ini buka di Jl. Jakarta, seingetku, soalnya dulu pas masih sekolah pernah kesana. Tapi sekarang pindah di tiga lokasi: 1) jl. Danau Kerinci Raya No. C2-A9, Sawojajar, lokasinya pas di pojokan perempatan. 2) Jl. Dieng No. 18, Klojen. 3) jl. Soekarno Hatta Ptp I No. 1, Lowokwaru. Menunya macem-macem, yang pasti ada ramen, sushi, yakiniku, chicken katsu, aneka cemilan, dll. Harganya nggak begitu mahal sih, untuk ukuran masakan jepang yang penyajiannya apik. Semua masakannya juga dijamin halal.

7. Rumah Makan Sato Jaya

 (pegimakan.com)
Salah satu resto masakan padang yang enak dan jadi langganan keluarga. Warungnya nggak begitu besar, pinggir jalan Kauman, tapi selalu rame. Menunya yang pasti khas masakan padang yaa, seperti rendang, ayam, ikan, sayur, dan sambal cabe ijo. Buka dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

8. Depot Bu Haji Arema
 (ngalam.co)

Maaf ya, belum ada foto makanannya, karena aku terakhir kesana masih di warung lama di daerah kidul dalem, sekarang sudah pindah ke Jalan Kauman. Depot ini unik karena nama-nama menunya yang kebanyakan bahasa kebalikan (boso walikan) khas arek Malang. Menu yang ditawarkan sangat banyak seperti sop, ayam, kikil, ikan, lodeh, pecel,pepes, sate komoh, dll. Masakan Bu Haji ini cenderung manis tapi tetep enak dan cocok bagi lidah penyuka gurih. Buka dari pagi sampai sore dan yang paling berkesan adalah pelayanannya yang ramah karena itulah depot ini masih eksis sampai sekarang.

9. Waroeng AI

Dulu waktu masih kuliah S1 di UIN Malang, saya sering sekali makan siang di sini, karena pilihan menunya banyak dan murah harga mahasiswa. Waroeng AI ini berlokasi di jl. Mertojoyo Selatan No. 15, Merjosari, Lowokwaru, daerah belakang UIN. Buka dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam. Biasanya saya pesan ayam opor dan aneka gorengan, banyak juga yang bungkus lauknya saja. Rasanya enak dan tempat duduknya juga banyak, parkir motornya juga luas.

10. Warung Lama Haji Ridwan
(travelingyuk.com)
Salah satu kuliner legendaris Malang yang wajib dicoba, tapi jujur, saya sendiri belum pernah nyoba sih. Mungkin karena lokasinya yang di dalam Pasar Besar Malang. Biasanya kalau belanja kesana nggak beli makan disana karena lokasinya dekat dengan toko saya yang berada di Kebalen. Warung ini buka dari jam 8 sampai jam 4 pagi. Menunya juga beragam, yang paling spesial katanya sih sate dagingnya Warung yang buka sebelum Indonesia merdeka ini menyimpan banyak sejarah, dulu hanya menjual 3 menu yakni sate komoh, ayam goreng, dan tempe goreng. Namun sekarang sudah banyak pilihan menunya dan ada salah satu menu yang masuk daftar 100 resep nusantara.


No comments:

Post a Comment